Cara Tetap Aman ketika menggunakan Wifi Publik

Cara Tetap Aman ketika menggunakan Wifi Publik

Saat ini ada banyak kesempatan untuk terhubung ke hotspot Wi – Fi publik bila Anda sedang bepergian . Silahkan lihat di sekitar kedai kopi, bandara, hotel, atau perpustakaan, dan anda akan melihat bahwa wifi gratis seperti sudah kewajiban contohnya @wifi.id. Hotspot wifi di kedai kopi,perpustakaan, bandara, hotel, universitas, dan tempat umum lainnya yang nyaman, tetapi sering tidak aman,
Ada banyak software gratis tersedia bertebaran di internet yang akan  memungkinkan seseorang untuk melihat lalu lintas nirkabel yang tidak terenkripsi, apakah anda menggunakan laptop,tablet atau smartphone, anda pasti ingin mengkoneksikan perangkat anda dengan aman untuk melindungi data anda sebanyak mungkin. Berikut ini beberapa tips sederhana untuk membantu anda tetap aman saat menggunakan wifi publk

  • 1.       Turn off file sharing in Windows

Ketika Anda berada di rumah , Anda dapat berbagi file , printer , atau bahkan memungkinkan remote login dari komputer lain pada jaringan Anda . Ketika Anda berada di jaringan publik , Anda akan ingin mengubah hal-hal ini , seperti yang setiap orang dapat mengaksesnya . Windows Vista , 7 dan 8 membuatnya sederhana untuk mengotomatisasi pengaturan berbagi Anda . Ketika melakukan koneksi ke hotspot umum untuk pertama kalinya , Windows meminta untuk jenis lokasi . Pastikan Anda set ke " publik. " Ini akan secara otomatis mengubah pengaturan berbagi untuk keamanan maksimum .

  • 2.       Install Secure software

Anti-virus , anti - spyware , dan firewall harus diinstal pada laptop Anda . Firewall sangat penting ketika pada jaringan publik . Seluruh Tujuannya adalah untuk menjaga snoops dari sistem anda .
Jangan lupa bahwa perangkat Anda , terutama jika itu adalah Android , rentan terhadap software berbahaya . Norton dan AVG semua menawarkan keamanan mobile yang baik dan aplikasi antivirus untuk smartphone . Matikan koneksi nirkabel bila Anda tidak menggunakannya

  • 3.       Use SSL Whenever Possible

Bila menggunakan hotspot WiFi , hanya login atau mengirim informasi pribadi ke situs web yang Anda tahu sepenuhnya dienkripsi . Agar aman , seluruh kunjungan Anda ke setiap situs harus dienkripsi - dari saat Anda masuk ke situs sampai Anda log out . Jika Anda berpikir Anda login ke situs dienkripsi tetapi menemukan diri Anda pada halaman tidak terenkripsi , log keluar segera .

  • 4.       Be smart about mobile banking and shopping

Hal ini merekomendasikan tidak melakukan transaksi perbankan atau menggunakan kartu kredit Anda untuk membeli sesuatu secara online ketika Anda berada di jaringan WiFi publik. Jika Anda harus membuat transfer saldo darurat atau pembelian langsung untuk menyimpan sejumlah besar uang , itu lebih aman untuk menggunakan koneksi seluler bukan WiFi .

  • 5.       Consider Using a VPN

Pertimbangkan untuk menggunakan VPN ( virtual private network ) jika Anda secara teratur mengakses rekening online melalui WiFi hotspot . VPN mengenkripsi lalu lintas antara perangkat Anda dan internet , bahkan pada jaringan tidak aman . Anda dapat membeli account VPN dari penyedia layanan VPN terpercaya .


Kami harap tips ini memberikan daftar cepat baik dari hal yang harus Anda lakukan setiap kali Anda terhubung ke WiFi publik. Jika Anda seorang tech savvy , Anda dapat mengatur VPN Anda sendiri atau SSH Tunnel pribadi menggunakan komputer di rumah Anda . Anda dapat menggunakan VPN pribadi atau SSH tunnel untuk mengenkripsi lalu lintas di WiFI publik .

Source
Cara Tetap Aman ketika menggunakan Wifi Publik Title : Cara Tetap Aman ketika menggunakan Wifi Publik
Description : Saat ini ada banyak kesempatan untuk terhubung ke hotspot Wi – Fi publik bila Anda sedang bepergian . Silahkan lihat di sekitar kedai...
Rating : 4.5 stars based on 153 reviews
Ditulis oleh: BloggerUPS - Tuesday, September 10, 2013

0 Response to "Cara Tetap Aman ketika menggunakan Wifi Publik"

Post a Comment